Berkah Gempa

Kita harus bersukur kepada Allah karena umat Islam telah di takdirkan tinggal di sabuk katulustiwa, yang kaya akan sumber daya alam, yang sumberdaya alam ini muncul karena adanya aktifitas-aktifitas tektonik, yang tidak dimiliki bangsa-bangsa lain. Dengan adanya aktifitas tektonik seperti gempa, dan gunung merapi menyebabkan Indonesia menjadi zamrud katulistiwa, kaya akan logam, energi, hutan, gunung dan tanah subur.

Berterimaksihlah pada pada gempa dan aktifitas tektonik masa silam, karna dengan ini Papua mempunya Gunung tembaga yang sampai sekarang masih belum habis di tambang. Kita di sini pun menikamati hasilnya. Pulau jawa, Kalimantan, Sulawesi dan sumatara kaya akan barang tambang dan hampir seluruh tepi pantainya adalah pasir besi yang merupakan muntahan dari mahma.

Siapkah kita dipanggil?


Berterimakasihlah pada gempa karnanya pulau jawa dan Sumatra mempunyai tanah yang subur, banyak gunung-gunung, dan hutan-hutan yang kaya akan isinya. Provinsi Sumatara barat, dan kita semua sudah pasti menggantungkan hidupnya dari peristiwa tektonik silam yang memuntahkan material penyubur tanah, membentuk gunung, membentuk hutan. Berkatnya, tanah padang subur kaya akan rempah-rempah dan oleh karena nya ada masakan padang yang terkenal di seantero dunia, dan banyak milyader warung padang karena aktifitas tektonik ini (semoga mereka jadi ahli amal, amiiin).

Kita yang dapat beaiswa di Australia juga secara tidak langsung mendapat manfaat karena gempa, karena salah satu pemasukan terbesar Negara kita juga dari energy dan mineral (logam tambang), semuanya ada karena gempa, bahkan Australia pun devisa utamanya juga dari pertambangan.

Tsunami yang meluluhlantakkan aceh dan banyak korban jiwa, memberikan dampak yang luar biasa karena peristiwa surupa membuat nya mempunyai cadangan  gas salah satu terbesar didunia, dan bila digunakan sebagai sumber energy akan mensejahterakan jutaan orang di dunia. Tetangga Mbah Marijan pun juga bersukur karena berkat Gunung Merapi, dan juga karenanya ada gempa Jogja, membuat tanah jawa tengah khususnya sekitar gunung merapi jadi subur ijo royo-royo.

Tapi kadang kita kurang bisa bersyukur, Energi dan mineral yang merupakan berkah gempa nyaris dikuras habis oleh asing, dikuasai korporasi asing dengan pembagian hasil yang tidak berimbang , hanya segelintir orang menikamati. Jadi jangan heran kalo penduduk di sekitar Freeport banyak masih miskin papa. Beberapa pemda berlomba-lomba menjual tanah air, mengeskpor tanah yang kaya akan harta hanya untuk kepentingan segelintri orang saja, alhasil kesenjangan sosial meraja lela. Pasir di pulau Sumatra dekat singapura telah menipis, karena di keruk untuk nafsu. Jadi jangan heran Singapura daratanya meluas. Dan masih banyak kisah lain dari kota-besar di seluruh Indonesia. Silahkan rekan-rekan lihat sendiri bagaimana pengolalan “berkah gempa” ini oleh pemda masing masing. Belum lagi bagaimana kita telah merusak hutan kita hanya untuk nafsu. Alhasil, banyak rakyat yang seharusnya merasakan manfaat berkah gempa ini, malah jadi menderita. Banjir bandang, longsor kekeringan yang melanda, kabut asap sampai kenegeri tetangga semua karna salah memanage berkah gempah. Banyak yang kaya lupa akan zakat dan shodakoh, tidak peduli dengan rakyat kecil.

Walaupun begitu, tuhan masih sayang dengan kita. Dengan gempa kita diuji dan diingatkan agar kita bisa menjadi manusa yang bertakqwa, melaksanakan perintah dan menjauhi larangnya untuk jadi manusia yang lebih baik. Dengan gempa Allah telah mengatur proses alam, yang mungkin Allah ingin mengeluarkan isi bumi yang kaya akan logam dan “mutiara” untuk generasi mendatang.

Iklan

About Imam Santoso

I'am a metallurgist who love writing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: