Dan Tuhan tidak bermain dadu (Einstein).

“Bila ada orang mati hidup kembali, saya akan percaya dengan Tuhan”, itulah petikan isi e-mail dari seorang pelajar Vietnam kepada teman saya yang saya baca di milist. Pertayaan ini sering muncul di zaman yang modern ini dimana ilmu dan teknologi semakin menunjukkan tentang keberadaan Sang Khalik. Namun pertanyaan ini sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun silam ketika Islam didakwahkan kepada manusia.

Pada zaman Rosulallah SAW pertanyaan serupa juga telah ada. Saat itu orang kafir menanyakan tentang bagaimana mungkin nanti Tuhan bisa membangkitkan manusia yang telah menjadi tanah, seperti yang tertulis pada surat Yasiin ayat 78 “Siapakah yang dapat menghidupkan tulang belulang, yang telah hancur luluh?”. Pertanyaan ini dijawab oleh Allah pada ayat setelahnya :“Dan tidaklah Tuhan yang menciptakan langit dan bumi itu berkuasa menciptakan yang serupa dengan itu? Benar, Dia berkuasa. Dan Dialah Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui.” Jawaban itu memerintahkan kepada kita untuk menalari langit dan bumi (jagat raya) agar kita semakin yakin bahwa Allah itu ada dan sangat mudah bagiNya untuk menghidupkan yang telah mati. Maka kita akan semakin mengerti maksud firman itu bila kita menalari jagat raya ini.

Diameter alam semesta yang bisa dilihat sekitar 927,158,000,000,000,000,000,000 Km


Diamater jagat raya yang bisa dilihat sampai saat ini adalah sekitar 98 milyar tahun cahaya. Bila kecepatan cahaya adalah 300 000 km/detik, maka diameter universe yang bisa dilihat adalah sekitar 98 milyar tahun x 31536000 detik /tahun x 300 000 km/detik = 927,158,000,000,000,000,000,000 km. Sedangkan diamater bumi hanyalah 12742 km. Bila diameter bumi dibandingkan dengan diameter universe ini maka sudah pasti akan bernilai mendekati nol alias bumi seperti debu tak berarti di bandingkan langit dan isinya.Bila bumi aja bernilai nol, apalagi manusia.

Sehingga bila ada orang yang menanyakan tentang apakah Tuhan bisa mengidupkan orang yang sudah mati di hari nanti, kita seharusnya berbalik bertanya “ Bumi kita seperti debu, apakah Tuhan tidak bisa menciptakan kembali debu ini, padahal dia bisa menciptakan jagat raya yang sangat besar ini?”.

Bila kita menalari lebih dalam jagat raya ini, maka seharusnya kita semakin takut. Jagat raya terdiri dari sekitar 100 milyar galaksi dan disetiap galasi mempunyai 10 milyar sampai satu trilyun bintang.Sulitkah bagi Allah untuk menghidupkan kembali debu-debu tulang manusia bila Dia mampu menciptakan dan menjaga sebegitu banyak galaksi dan bintang?

Bukan hanya kuantitas, namun setiap ukuran, jarak dan kecepatan tiap bintang sudah tertentu. Salah sedikit saja dalam setiap hitungan maka galaksi dan bintang bisa bertabrakan dan hancur. Apakah mungkin kesempurnaan hitungan ini tidak ada yang menciptakan?ataukah kesempurnaan ini terjadi dengan sengaja?. Sudah pasti ada campur tangan cerdas di baliknya. Dengan menalari langit maka tanpa melihat orang mati hidup kembali maka kita akan menemukan Tuhan.

“Dia mengatur urusan alam semesta. Dia menjelaskan ayat-ayat-Nya agar kamu meyakini pertemuan dengan Tuhanmu” (Ar-Ra’d:2)

Wallahualam,
Imam

Iklan

About Imam Santoso

I'am a metallurgist who love writing

6 comments

  1. HI imam,
    salam kenal ya…
    moga sukses dengan tulisan2 briliantnya.

    Jangan pernah letih menyampaikan ilmuNya walau itu cuman 1 ayat saja ya…

    Hirany

  2. Probo S

    subhanaAllah…. ilmu yang sangat fantastis.. kami tunggu ilmu lainnya… dari anda

  3. Aminul Khair

    ALLAHU AKBAR.

  4. zaki

    Assallamua’laikum

    mas imam.. menarik bahasannya..

    saya bukan tidak sepakat dengan argumentnya, tapi saya pikir kurang menyentuh poin “Bila ada orang mati hidup kembali, saya akan percaya dengan Tuhan”..

    saya pikir pernyataannya teman mas imam itu (memiliki kesalahan hukum logika) sama halnya ia meminta Tuhan menjadi manusia, atau Tuhan membunuh dirinya sendiri.. — atau seperti ia meminta “jatuh” keatas..

    kepercayaan terhadap ke ada an Tuhan, dapat dibuktikan dengan logika kok.. coba dibuka http://iwans.wordpress.com/2007/03/28/arsip/

    semoga bermanfaat..
    Wassalam

  5. artikel yang sangat bagus dan menarik sekali,blognya menarik 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: