Kita adalah Iron Man yang datang dari Bintang

Ketika seseorang ditanya tentang apa manfaat besi dalam kehidupan maka yang terbayang dalam benaknya adalah sejuta manfaat besi dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari bahan bangunan, alat perang (karena kekuatanya), perabotan rumah tangga sampai bahan kosmetik.

Selain itu, bila seseorang ditanya tentang manfaat besi dalam kehidupan , maka sesorang akan menjawab tentang besi sebagai penyusun utama inti bumi yang jumlahnya sudah tertentu dan oleh karenanya bumi memiliki konstanta alam seperti medan grafitasi dan medan magnet dengan besar yang sudah tertentu. Kurang sedikit saja atau kelebihan sedikit saja besi yang ada di inti bumi maka kehidupan ini tidak akan pernah ada. Bila inti bumi bukan besi, katakanlah logam lain yang lebih ringan, konstanta grafitasi akan menjadi lebih kecil, alhasil manusia bisa melayang dan sebaliknya. Medan magnet bumi adalah pelindung utama bumi dari badai matahari dan gangguan antariksa lain. Bayangkan bila besi tidak menjadi inti bumi sudah pasti medan magnet bumi tidak akan ada atau besarnya tidaklah sempurna sehingga bumi akan menjadi lalapan badai matahari.

Kita adalah Iron Man yang datang dari Bintang


Namun kita sering lupa tentang salah satu manfaat besi yang paling utama bagi manusia yang selalu di ajarkan sejak kita di Taman Kanak-Kanak. Besi adalah unsur utama pembentuk Hemoglobin. Bila tidak ada besi dalam darah maka manusia akan mati. Oksigen dapat masuk ke dalam tubuh karena adanya besi dalam hemoglobin. Bayangkan bila tidak ada besi, maka oksigen tidak akan terikat oleh darah, Alhasil punahlah manusia. Jadi tanpa besi manusia tidak akan pernah ada. Dalam darah, setiap saat ada besi-besi yang senantiasa mengalir untuk menjaga eksistensi kehidupan kita.

Bukan hanya itu, seseorang kadang tidak mengetahui dari mana unsur besi yang ada dalam tubuh kita berasal. Tuhan menyebutkan bahwa Nabi Adam diciptakan dari tanah, karena memang tanah adalah asal semua unsur yang ada di dalam tubuh. Segumpal darah yang dibuahi sperma juga bersasal dari tanah. Karena darah itu bersal dari sari-pati makanan yang kita makan. Dan makanan yang kita makan bersasal dari tumbuhan yang berfotosintesis dengan menyerap unsur-unsur hara yang berasal dari tanah.

Namun bila kita telaah lebih jauh, dari manakah unsur-unsur yang ada di bumi ini berasal, misalkan besi, dari mana besi? besi yang ada di bumi ini juga termasuk yang ada di inti bumi dan yang ada di dalam darah kita sejatinya berasal dari ruang angkasa, terbentuk di sana, di bintang-bintang raksasa di mana suhu dan tekanan memungkinkan terjadinya reaksi-reaksi inti pembentukan besi. Reaksi inti pembentukan besi memerlukan suhu jutaan derajat, kondisi yang tidak mungkin ada di bumi. Kondisi ini hanya mungkin disediakan oleh bintang-bintang raksasa. Proses ini terus berlangsung di bintang purba sampai pada suatu titik dimana bintang ini tidak lagi mampu menanggungnya sehingga terjadi ledakan dahsyat atau supernova. Ledakan ini menyebabkan meteor-meteor melesat bertaburan ke penjuru alam semesta termasuk ke bumi atau menjadi cikal bakal bumi.

Oleh karena itu tidak salah kita menyebut diri kita adalah Iron Man dan manusia bintang, karena setiap saat di dalam tubuh kita mengalir besi-besi yang membuat kita tetap hidup dan besi-besi ini berasal dari bintang-bintang raksasa yang ada di langit purba.

Itulah manfaat yang luar biasa dari besi bagi manusia yang telah di turunkan dari langit (melalui hujan meteor purba), seperti pada surat:

“…Dan Kami turunkan (dari langit) besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia ….” (Al Qur’an, 57:25)”

Waallahualam,
Imam

References:
Al Quran
Khutbah Jumat Salman oleh Bapak Irfan Anshory
National Geographic Channel
http://www.harunyahya.com

Iklan

About Imam Santoso

I'am a metallurgist who love writing

2 comments

  1. Jadi didalam tubuh kita besi atau aliran listrik kaya magnet gitu? 🙂

  2. Abdillah Akbar

    alhamdulillah, ternyata nggak salah kalau waktu kecil saya suka mengucapkan ke teman-teman bahwa saya ini adalah manusia super..ternyata memang saya ini adalah iron man. Mbak Rindu, ikutan komen juga to? udah lulus belon ni dari kampus biru?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: