Brisbane Kota Sungai dan Kota Jembatan

Brisbane adalah kota sungai. Bagaimana tidak. Peradaban kota metropolitan ini membentang di sepanjang tepi sungai Brisbane berjarak kurang lebih 23 KM dari muara laut Teluk Moreton ke hulu. Terlihat dari foto dibawah ini bagaimana gedung-gedung megah itu seperti berjajar di tepian Sungai Brisbane. Dan bagaimana Jalan-jalan Tol dibangun di atas sungai.

Dan tentu, karena Brisbane adalah kota sungai maka ada banyak jembatan yeng melintasi kota ini yang menghubungkan seberang satu, suburb satu dengan sebarang dan suburb yang lain. Bahkan ada jembatan-jembatan yang dibangun sangat berdekatan satu sama lain. Ada sekitar 20 jembatan yang melintasi kota ini.

Brisbane kota sungai. (Foto koleksi pribadi)

Pertama adalah Jembatan Eleanor Schonell Bridge dengan panjang sekitar 390m yang menghubungkan kampus University of Queensland St Lucia dan Dutton Park. Termasuk jembatan tipe Kabel-penahan dengan dua Pilar tinggi, setipe dengan Jembatan Tenggarong yang baru saja rubuh di Kalimantan. Hanya transportasi umum dan pejalan kaki dan pesepeda yang lintasanya ada dikanan kiri jembatan ini yang boleh melintas

Eleanor Schonell Bridge (Foto koleksi pribadi)

Berikutnya adalah Kurilpa Bridge. Jembatan tipe kabel-penahan dengan panjang 470m untuk pejalan kaki dan pesepeda ini unik karena bentuknya yang khas karena tedapat 18 pilar-pilar silinder dan dari bahan yang ringat namun kuat, yang berdiri dengan kemiringan tertentu, terikat kawat satu-sama lain. Dan merupakan jembatan tenaga surya terpanjang di dunia. Malam hari jembatan ini bisa berpendar dengan warna cahaya indah yang bisa di program.

Kurilpa Bridge (Foto koleksi pribadi)

Berikutnya adalah Story Bridge yang merupakan jembatan mascot kota Brisbane mungkin karena tua dan ukuranya yang besar dan menjadi tempat rutual pesta megah kembang api. Pengunjung bisa menikmati wisata memanjat dan berjalan diatas jembatan, karena pilar-pilar besar jembatan ini bisa dilewati.

Story Bridge (Foto koleksi pribadi)

Jembatan berikutnya adalah William Jolly Bridge merupakan jembatan tipe lengkung dan termasuk jembatan tua di Brisbane yang di buka pada tahun 1932 saat ekonomi mengalami resesi.

William Jolly Bridge (Foto koleksi pribadi)

Merivale Bridge adalah jembatan tipe lengkung, khusus untuk kereta api. Dan jembatan ini adalah jembatan satu abad, karena untuk membuat jembatan yang menghubungkan rangkaian rela Brisbane utara dan selatan melalui sungai Brisban membutuhkan waktu 100 tahun sejak survey sampai peresmian.

Merivale Bridge(Foto koleksi pribadi)

Jembatan berikutnya adalah Goddwill Bridge jembatan tipe lengkung khusus pesepeda dan pejalan kaki yang menghubungkan Museum Brisbane dengan kampus Queensland University of Technology. Jembatan ini batal diresmikan oleh ratu Elizabeth gara-gara berita serangan WTC 2001, sehingga ratu tidak jadi datang.

Goodwill Bridge (Foto koleksi pribadi)

Bersambung,
Imam

Sumber baca’an : http://en.wikipedia.org/wiki/Bridges_over_the_Brisbane_River

Iklan

About Imam Santoso

I'am a metallurgist who love writing

3 comments

  1. Kota sungai, kota jembatan bedanya dibangun oleh developer yg terpercaya, bertanggungjawab dan tidak dikorupsi.

  2. Hari Waluyo

    Jika bln Oktober di Brisbane sdg musim apa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: