Sebagian “gagal-gagal”-ku

Tahun 2002 saya mengikuti SNMPTN dengan pilihan pendidikan dokter namun waktu itu saya tidak lulus. Setelah itu saya ‘mengungsi’ sejenak ke gunung untuk melupakan hiruk pikuk dunia per-test-san.

“Ih andai gak milih dokter mungkin ketrima ya..andai ini andai itu”

Tahun Agustus 2003 saya kuliah. Selama kuliah saya suka korosi. Saya terpikat ketika memikirkan bagaima bulir-bulir embun malam mampu merobohkan tiang-tiang listrik. Juga bagaimana bulir-bulir angin laut mampu menggerogoti dengan cepat mesin-mesin motor dan mobil penduduk yang tinggal di dekat laut. Juga memikirkan bagaimana pengotor dalam bahan bakar pesawat walau dalam jumlah yang sangat kecil mampu menghancurkan mesin jet dalam waktu sekejab. Apalagi dosen saya menerangkan di Indonesia banyak tantangan. Ia menjelasakan bahwa banyak desain bangunan di negeri yang salah desain gara-gara niru-niru Eropa atau Amerika padahal di Indonesia musim dan lingkunganya berbeda. Indonesia lingkunganya sangat agresif alias sangat korosif. Pokoknya yang berbau korosi saya suka.

Februari 2007 saya lulus kuliah. Hingga saya mendapat tawaran project untuk jd topik riset dari dosen saya. Saya menerimanya. Apa lagi ini kesempatan langka mendapat sponsor dari perusahaan mesin pesawat ternama Roll Royce. Perusahaan ini ingin mengembangkan ketahanan mesinya dengan menggunakan logam Tantalum, logam dengan ketahanan korosi paling kuat. Apa lagi saya nge fan sama Pak Habibi jadi yang ada bau-bau pesawat dan logam-logam (jurusan saya) saya pasti suka. Kesempatan langka. Dan saya menerima tawaran itu. Project penelitian akan di laksanakan di Malaysia dan saya akan bertemu dengan orang-orang dari Cambridge UK. Setalah sekitar 4 bulan mempersiapkan diri dan meyiapkan document yg dibutuhkan, sayang seribu sayang saya mendapat email

“Dear Imam,I have received both your emails. Unfortunately, I was unable to send you a prompt reply.I had a meeting with the steering committee regarding the project Ta. I was happy that in the initial stage they are going to provide us with the funding on the project when the project plan to start in August 2006. …… They have asked me to get post graduate students to do the research under the funding provided by Rolls Royce and Metalysis UK.

However, in the final stage of discussion on 26 June 2007, they said that the contract is no more valid and they are going into the second phase ie. the manufacturing phase provided that there is a joint venture company who is willing to invest in the project , this will involve the research institute for further consultation work.

So, now, I am asking you sincerely do you still want to come to further …… “

Yah gak jadi….setelah 5 bulan nunggu.

“ih andai ini…andai itu bla…bla..”

July 2007 Setelah itu saya langsung daftar beasiswa ke Australia, beasiswa ADS lewat jalur open (kerena baru saja lulus). Cv telah di buat, dan semua persyaratan lengkap saya kirimkan. Untuk seleksi tahap awal alias seleksi administrasi saya lolos. Tinggal Test IELTS dan wawancara. Setelah rangkain test telah diikuti, saatnya dag dig dug der…

Satu bulan kemudian….ternyata saya dapat amplop yg intinya berisikan “..Maaf anda belum lolos…”

“gagal maning gagal maning…ato aku kerja aja ya..cobak kalo setelah lulus kerja..bla-bla…”

ketidak lulusan saya dalam test ADS segera saya ceritakan kepada teman saya. Dia pun memberikan info bahwa ada perusahaan Belgia yang juga peroperasi di Australia sedang mencari mahasiwa riset. Perusahaan ini adalah perusahaan yang menjual bola-bola baja yang digunakan dalam pengolahan bijih tembaga di Papua. Saya pun mengirimkan lamaran. Apa lagi topiknya masih ada hubunganya dg korosi. Dan Alhamdulillah diterima. Oktober 2008 saya berangkat ke Adelaide untuk les English dan selanjutnya mengambil master di sana. Namun apa dikata awal tahun 2009 krisis ekonomi dunia yang berawal dari gagalnya kridit mortgage di US merambat ke berbagai negara termasuk Australia, menghancurkan harga minyak dan barang tambang. Perusahaan yang menyekolahkan saya juga terkena imbasnya, sehingga dana penelitian harus di pangkas termasuk dana untuk penelitian dan study saya. Setelah sekitar 7 bulan di Adelaide akhirnya saya harus pulang ke Indonesia. ……………*mudah-mudahan saya tidak terkorosi alias karatan

“yeee..pulang lagi…gak jadi lagi..gak jadi lagi… ….andai dulu bla dan bla….”

Kata-kata miring yang saya tulis adalah kata-kata yang mungkin bisa muncul dalam fikiran kita, termasuk fikiran saya dan menjadi was-was kita manakala sesuatu yang kita usahakan ternyata tidak sesuai harapan.

Segera ku lirik status-status facebook yang pernah aku tulis. Merenungi

Banyak dalam hidup ini sesuatu tidak berjalan dangan apa yang kita inginkan, pengen dapat ini tapi malah dapat itu, dikira bakal begini ternyata malah begitu. Tapi semua telah terjadi. Andaikan Allah tidak mengijinkan tentu semua tidak terjadi. Ketika kita mengatakan ‘andai dan pasti’ ini sama artinya mengatakan bahwa kita tahu apa yang terbaik untuk kita. Padahal hanya Allah lah yang mengetahui dengan sempurna apa yang terbaik untuk kita. Dialah yang Maha Tahu, tidak yg lain selain dia. Allah berfirman:

“Boleh jadi, kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah yang paling mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah:216)

Prasangka baik harus senantiasa ditujukan kepada Allah. Sebagai muslim kita punya cara pandang bahwa bahwa ada kebaikan dalam segala hal dan karena tujuan baik sesuatu telah terjadi. Dan dengan cara pandang ini hati akan tenang

Juga muslim itu tidak terpaku pada masa lalu, sesal dengan andai-andai. Ia tidak berkata andai aku dulu begini pasti akan begini. Tapi mengatakan Allah telah mentakdirkan. Ia akan terus berusaha terbaik untuk hari ini dan hari depan. Ia jg senantiasa memohon pertolongan Allah. Rasul SAW bersabda : “Berusahalah untuk meraih apa yang bermanfaat untukmu, mintalah pertolongan Allah dan janganlah engkau lemah. Jika ada sesuatu yang menimpamu, maka jangan engkau katakan: Seandainya saya kerjakan ini niscaya akan jadi begini dan begitu, akan tetapi katakanlah bahwa Allah yang telah menetapkannya, apa yang Dia kehendaki Dia perbuat. Karena sesungguhnya (kata-kata) “seandainya” membuka peluang bagi perbuatan setan.

Agustus 2012, center tempat belajar saya sedang terguncang..
Bersambung

Hasil Foto Microscope Electron. Di bagian tengah kanan terlihat atom-atom besi seperti membentuk icon dua mata dan bibir terbalik. (foto koleksi probadi)

Iklan

About Imam Santoso

I'am a metallurgist who love writing

7 comments

  1. sule

    Nice share mas imam, ditunggu kelanjutannya..
    Btw, mohon maaf lahir batin ya 🙂

  2. Hedi

    nice Mam. kamu menunjukkan indikasi2 orang orang besar. mudah2an tidak sampai 10 tahun lagi kamu sudah menemukan sesuatu yang bermanfaat buat alam semesta. barokalloh Mam.
    kalau sudah sukses jangan lupa sama aku ya…

  3. optima

    Yo mas bro, nice wrote, nice blog and nice to meet you

  4. Dwi Agustin

    Cool Om… aku baru menemukan blog ini dan aku baca coretan tanganmu… Selalu kamu bisa menitikkan hujan kecil di sudut mata ini. Bravo Om…

  5. rini

    terima kasih, tulisan hitam di atas pas banget untuk saya saat ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: