Penjaga hidup

Dalam reaktor-reaktor modern suhu tinggi seperti reaktor nuklir atau reaktor metalurgi, air mempunyai peran yang sangat penting dalam proses pendinginan. Air disirkulasikan secara terus menerus melalui pipa tembaga yang dipasang di tengah dinding tungku untuk mengambil panas dari dalam, sehingga panas yang sampai diluar dinding berkurang drastis. Bila tidak ada system pendingin ini, dinding luar reactor peleburan akan panas membara membakar atau merusak benda-benda disekelilingnya.

Air pendingan pada reaktor nuklir (foto dari aboutnuclear.org)

Air pendingan pada reaktor nuklir (foto dari aboutnuclear.org)

Jauh-jauh hari, system pendinginan seperti ini telah digunakan dalam sebuah istana megah yang dibangun pada abad ke 13. Istana yang menggambarkan kecanggihan teknologi dan seni. Namanya istana Al hambra di Spanyol , dibangun pada masa disanasty Nasryd. Air disirkulasikan dari air mancur singa melewati saluran-saluran (kanal) kecil yang mengalir dalam ruangan-ruangan. Membuat ruangan menjadi sejuk. Juga kolam yang relatif besar ditengah halaman seolah-olah berfungsi sebagai mesin pengatur suhu istana.

Saluran di Istana Alhambra

Saluran di Istana Alhambra

Pertanyaanya kenapa menggunakan air?

Ini karena sifat-sifat yang dimiliki air. Salah satunya adalah air mempunyai kapastias panas (kemampuan menyimpan panas) yang tinggi. Maksudnya, dibutuhkan panas yang besar untuk menaikkan suhu air sedikit saja. Bila setalah dialirkan dalam reaktor suhu air naik sedikit saja, maka sesungguhnya panas yang diserap air itu relative besar.

Dengan kata lain air nyaris tak berubah (lambat) menjadi panas ketika menyerap banyak panas. Ketika suhu lingkungan berubah mendadak, suhu tubuh kita nyaris tidak akan terpengruh karena kita 80% adalah air. Air ditubuh kita menjaga agar suhu tubuh tetap konstan sehingga organ-organ kita tidak rusak. Begitu juga Bumi. Bumi 70% tertutupi laut. Laut (air) yang melimpah itu seperti mesin pengatur suhu (thermostat) raksasa di planet ini.

Manfaat di atas hanyalah untuk satu sifat air saja yaitu air mempunyai kapasitas panas yang besar. Sifat ini berperan besar dalam menjaga kelangsungan hidup. Bahkan dimanfaatkan untuk system pendinginan modern. Masih banyak sifat-sifat air yang lain dengan banyak mafaat juga. Semua untuk manusia.

Pertanyaanya sudahkan kita menghargai air? Bagaimna Allah tidak maha pemurah bila Ia telah menciptakan air dengan segala keajaibanya itu secara gratis kepada manusia?

Iklan

About Imam Santoso

I'am a metallurgist who love writing

One comment

  1. wahyu

    subhanallah, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: