Sepuluh ribu tahun berjalan

Menjawab pertanyaan yang saya posting di facebook saya tanggal 11 Agustus 2015

Pertanyaan buat adik2 ☺ Yang benar akan saya kirimi kartu pos dari Finlandia, Turki, Hunggaria, Republik Ceko dan Austria. Andai aku sebuah molekul air bernama Maryati ☺ Saat ini aku turun dari langit dalam bentuk hujan di sebuah daerah bernama Jember (hujan pertama), jatuh menyirami bunga bernama Maryam. Aku kemudian meresap ke dalam tanah, lalu menjadi air tanah. Kemudian aku akan mengalir ke sungai menuju laut. Di laut aku menguap menjadi awan. Ketika menjadi awan aku ditiup angin menuju daratan lagi. Lalu menjadi hujan lagi di Jember (hujan ke dua) dan bertemu Maryam lagi. Berapakah waktu yang butuhkan Maryati dari sejak hujan pertama menuju hujan ke dua? alias untuk bertemu Maryam ke dua kali.

Mari kita hitung bersama-sama. Untuk menghitungnya maka kita harus tahu siklus air dan berapa lama waktu yang diperlukan air untuk berjalan dalam siklus itu. Siklus adalah gerakan berantai terus-menerus, melingkar tanpa putus, berpindah dari kondisi satu ke kondisi dua, lalu kembali  ke kondisi satu lagi, berulang-ulang dan teratur, begitu seterusnya.

Air turun menjadi hujan ke tanah, lalu menjadi air tanah. Kadang mengalir menuju danau. Dari air tanah dan danau, ia melanjutkan perjalanan ke laut melalui sungai. Di laut air akan menguap lagi menjadi awan. Lalu angin akan meniup awan menuju daratan menjadi hujan. Ia di darat lagi.
Lalu menjadi air tanah lagi dan begitu seterusnya.

Itu kurang lebih siklus yang terjadi di daerah tropis seperti Indonesia. Kalo di daerah 4 musim, maka awan bisa menjadi salju, turun ke tanah menumpuk menjadi gletser, lalu meleleh menjadi air tanah, melewati sungai menuju laut dan seterusnya.

Berikut ini adalah umur atau waktu yang diperlukan air dalam setiap jalanya.

Posisi air Waktu tinggal
Di Udara 9 hari
Di Embun tanah 1-2 bulan
Di Air tanah dangkal  100-200 tahun
Di Air tanah dalam  10,000 tahun
Di Sungai  2-6 bulan
Di Laut 3,200 tahun

Nah, berapa total waktu yang dibutuhkan air untuk bergerak dalam satu siklus? Total waktunya adalah 9 hari + 2 bulan + 100 tahun +10,000+ 2 bulan + 3,200 tahun yaitu lebih dari 10,000 tahun. Bila saat ini kamu sedang duduk-duduk di pinggir sungai lalu kakimu kau celupkan ke dalamnya, atau sedang membasuh muka dengan air wudu, maka butuh waktu 10,000 tahun lebih untuk air bisa sampai di kakimu atau wajahmu lagi. (masih hidup gak ya kita hehe)

Iya, butuh waktu 10,000 tahun lebih untuk air sampai ke tempat yang sama lagi. Bayangkan, air dalam ribuan tahun perjalanan, memberikan begitu banyak kehidupan dalam setiap jengkal langkahnya, lalu tiba-tiba….”byur…kita menimpuknya dengan sampah, kita meracuninya….?” Duhai…setelah ribuan tahun perjalanan yang panjang. Engkau merusaknya. Terlalu……
Oleh karenanya, jaga kebersihan air ya.

Kembali ke pertanyaan awal. Berapakah waktu yang butuhkan Maryati dari sejak hujan pertama menuju hujan ke dua? alias untuk bertemu Maryam ke dua kali?

Waktu yang dibutuhkan paling tidak adalah 10 ribu tahun lagi. Maryati tak sadar, bahwa ketika menjumpai Maryam untuk yang kedua kali, ia hanya akan menemui gedung-gedung yang penuh sesak, saat itu udara akan sangat panas dan kotor, mungkin membuatnya tak lagi sebagai hujan yang diinginkan.

Tapi ia tetaplah air, terus bergerak dan berjalan. Sampai kapan.

Catatan: Maryati dan Maryam hanyalah tokoh fiktif ☺

Referensi:
http://www.physicalgeography.net/fundamentals/8b.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Water_cycle

Iklan

About Imam Santoso

I'am a metallurgist who love writing

One comment

  1. Videonya bagus banget mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: