Pendidikan Terbaik

Bagaimanakah sistem pendidikan terbaik di dunia di Finlandia mengajar muridnya? seperti apa struktur kurikulumnya? Jam berapa masuk? Pelajaranya apa saja? (link struktur pelajarnya saya sertakan di akhir tulisan ini)

Di Finlandia anak baru boleh masuk SD ketika ia masuk usia 7 tahun. Pelajaran membaca dan menulis diajarkan ketika anak baru masuk SD. Sekarang saya ingin cerita bagaimana saya sekolah SD zaman dulu, bukan zaman sekarang yang katanya mengerikan hehe.

Setelah 3 tahun berada taman kanak-kanak, saya masuk SD pada usia 7 tahun di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) di salah satu desa paling selatan di Kabupaten Jember. Kami diajarkan membaca dan menulis ketika baru masuk SD. Dan tentu saja sebagian besar teman saya tidak bisa membaca dan menulis. Saya masih ingat ketika Bu Guru kami Bu Suhartik, mengajarkan membaca “Ini Ani, Ini Budi, Ini Bapak Budi”.

Mungkin karena kurang sumberdaya manusia waktu itu, ada seorang guru namannya Pak Harsono yang sudah mengajar sejak MIM itu didirkan tahun 1951 dari dinding bambu. Sehingga Pak Harsono adalah guru SD dari nenek saya, ibu saya dan tentu saja saya sendiri. Pak Har juga bukan PNS, tapi Allah telah mencukupi rezekinya. Bahkan anak-anaknya juga jadi orang yang sukses dan kuliah. Tahun 2010 beliau naik haji pada usia nyaris 80 tahun.

Karena SD nya di Madrasah Muhammadiyah kami juga mendapat pelajaran tentang agama dan budi pekerti. Sehingga ketika lulus saya mempunyai dua nilai ujian nasional satunya dari Depdikbud, dan satunya lagi ujian nasional tentang pelajaran agama dari Depag. Saya masih ingat selama sekolah, kami banyak sekali bermain dan berinteraksi dengan alam dan itu menyenangkan sekali mulai diajak ke sawah dan perkebunan berjalan kaki mepelajari jenis-jenis tumbuhan dan dedaunan. Setiap senin pagi ada upacara bendera. Setiap masuk kelas kami berbaris dulu di depan pintu masuk lalu lalu Pak Harsono mengecek satu persatu siapa yang kukunya panjang dan tidak dipotong. Yang kukunya pendek dan bersih maka langsung boleh masuk. Kami diajari sholat dan wudlu. Ketika ramdahan ada namanya pondok ramadhan di sana kami mendapat tambahan pelajaran agama.

Bagaiman hasil pendidikan MIM waktu itu? walaupun kami sekolah di SD Muhammadiyah tengah sawah di ujung selatan Jember, nilai ujian nasional sekolah kami tak kalah dengan yang lain. Dengan nilai NEM kami waktu itu, bila mau bisa dengan mudah diterima di SMP terbaik se Jember. Begitupun ketika SMP, saya sekolah tetap di desa, di SMP muhammadiyah sebelah MIM, dan dengan nilai NEM kami, bila mau bisa dengan mudah diterima di SMA terbaik se Jember. *baru pas kuliah memutuskan keluar dr Jember Selatan hehe.

Mungkin inilah hasil dari perjuangan ikhlas guru-guru kami di desa, yang bahkan untuk makan esok hari mereka harus berfikir keras waktu itu, mengajarkan kami dengan kurikuum yang mungkin kuno.

NEM

NEM

 

Berikut saya tautkan link kurikulum salah satu SD kelas 1 dan 2 di Finlandia. Bisa pakai google tranlsate untuk mengetahui artinya. Ada pelajaran membaca (bahasa), berhitung (matematika), agama, perkenalan alam, musik dan hasta karya.

http://www.peda.net/…/aikataulut/lukujarjestykset/1-2-luokka

Imam
Pelajar di Finlandia

Iklan

About Imam Santoso

I'am a metallurgist who love writing

3 comments

  1. Sukak! Keep writing. I’m following, i’m learning. Btw salam kenal mas imam 😊

  2. imam, cepatlah kau balik. Dan segeralah jadi mendikbud. Perbaiki negeri ini…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: