Manusia Beasiswa

Manusia beasiswa.

Tahun 2000 saat kelas 1 SMA. Saat itu spp sekolah saya SMANA masih Rp.6.500/bulan. Namun saat itu juga saya sudah dapat beasiswa. Setahun sekali saya ke kantor Pos Indonesia di kecamatan dengan buku tabungan berwarna kuning bank BTN, saya mengambil rapelan beasiswaselama setahun total sekitar Rp.100.000, naik sepeda dari desa ke kota di Ambulu.

Tahun 2003, saat kuliah di Institut Teknologi Bandung, beasiswa datang silih berganti mulai dari BANK BRI sampai beasiswa dari Schlumberger yang jumlahnya lumayan. Saya juga kuliah sambil kerja untuk nambah uang saku agar kalo pulang kampung saat mudik bisa beli baju baru lebaran buat adik-adik di rumah.

Tahun 2008, dapat beasiswa untuk kuliah S2 dí University of South Australia. Beasiswa dari perusahaan Australia Magotteaux Industries Pvt Ltd. Sayangnya karena global financial crisis perusahaan jadi terkena imbas, beasiswa saya dihentikan, S2 saya di Adelaide tak selesai.

Tahun 2011, saya berangkat ke The University of Queensland – UQ.Beasiswa Australia Awards mewujudkan mimpi S2 saya yang sempat tertunda. Ke negeri bintang terbit (istilah dari saya hehe). Kuliah lancar dan lulus sesuai waktunya.

Tahun 2014, Saya berangkat ke Aalto University Finlandia, negeri aurora, dengan beasiswa dari LPDP Kementerian Keuangan RI. Mulai dari kegiatan pembekalan yang menakjubkan. Di sana bertemu dengan teman-teman PK yang inspiratrif dari penjuru nusantara sampai mendapat materi-materi dari orang-orang terkemuka.

Intinya, tugas kita mah berusaha dan berdoa dan Allah akan mengurus segalanya. Ketika saya masih SMP mana tahu bakal dapat beasiswabeasiswa itu. Nama-namanya saja masih asing atau malah belum ada. Tugas saya hanya percaya dengan impian. Saya yakin, Tuhan tidak Tidur.

Dan tentu saja banyak drama, jungkir balik untuk itu semua.

Iklan

About Imam Santoso

I'am a metallurgist who love writing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: